Kamis, 05 Agustus 2010

Jalan-Jalan Lagi ke Bandung... :)

Ehmmm sebenarnya jalan-jalan ke Bandung sudah biasa ya.. apalagi buat orang Jakarta. hehehe..
Saya sendiripun sudah sering bolak-balik Bandung hanya untuk mencari suasana berbeda dikala liburan pendek.
Akan tetapi tidak semua acara jalan2 ke Bandung saya, saya postingkan disini.
Hanya yang kira2 terdapat hal baru yang saya coba disana, misal tempat nongkrong, tempat makan, atau tempat rekreasi.

Nah kebetulan belum lama ini saya berkunjung kembali ke Bandung.
Tepatnya tanggal 22 Juli 2010.
Kita berangkat dari Tangerang sekitar jam satuan siang.
Sebelum berangkat saya mencoba browsing2 sebentar, saya mencari jajanan apa yg lagi atau wajib dicoba disana, tentunya selain yg sudah saya coba sebelumnya.
Pas googling ternyata saya menemukan jajanan baru yg saya lupakan selama ini, namanya martabak bolu..hehehe
Martabak bolu sebenarnya sudah lama saya dengar, akan tetapi karena saya tidak tahu tempat untuk belinya jadi saya baru bisa mencicipinya kemarin itu.hahaha

Setelah saya cek, ternyata martabak bolu yg terkenal di Bandung itu diproduksi oleh PT Golden Bell.
Ini semacam industri rumahan gitu deh.
Alamatnya : Jl.Dangdeur Indah II/1 (SuryaSumantri)Bandung 40163

- Dari Jakarta keluar dari tol Pasteur belok kiri atau pulang ke Jakarta sebelum masuk tol Pasteur belok kanan 800 m.
- Melewati Universitas Maranatha, sebelum Apartmen Majesty Belok kanan.
- Jl. Dangdeur ada disebelah rumah Jl. Suria Sumanti no. 94 (Auto Bridal Car Wash) .
- Masuk portal belok kiri, lalu belok kanan pertama.
- lokasinya persis di depan sekolah TK Anakku.

Website : www.martabakbolu.com

Untuk lebih detailnya silahkan kunjungi websitenya yah

Nah begitu memasuki kawasan Pasteur, saya bilang ke Koes supaya mampir dulu untuk membeli martabak bolu ini.
Karena saya mau coba dulu, kalau enak besok pas pulang saya mau beli lagi buat oleh2.
Karena di websitenya sangat jelas alamat serta petunjuk2nya, jadi tidak susah untuk menemukan rumah si martabak bolu ini..hehehe
Walopun masuk komplek dan gang2, tapi kalau mengikuti petunjuk yg diberikan sangat mudah sekali untuk menemukannya.

Untuk rasanya, martabak bolu ini hanya ada 5 pilihan :
* Keju Rp. 30.000
* Keju Coklat Rp. 30.000
* Kacang Coklat Rp. 30.000
* Keju Kismis Rp .32.500
* Keju Kacang Coklat Rp. 35.000

Saat pertama saya datang, saya membeli satu saja yg rasa keju coklat, karena untuk mencicipi terlebih dahulu.
Di dalam ruang tamu si tuan rumah, ada foto pak Bondan W dan si centil Amel (artis cilik).

Di tengah perjalanan saya menuju Lembang, Koes meminta saya untuk segera memotong si martabak.
Pas saya coba, ehmmmm lumayan enak loh.. memang martabak ini tidak berminyak layaknya martabak pada umumnya, tetapi saya dan Koes sangat menyukainya.
Karena kita berdua suka, martabak itu malamnya sudah ludesss gak bersisa.
Akhirnya kita bertekad besok harus beli lagi untuk dibawa ke Jakarta.hehehe..

Martabak bolu coklat keju (kemasan)


Martabak bolu coklat keju (isi)


Ohh iya kalau ke Bandung saya selalu mencari penginapan di daerah Lembang.
Karena udaranya masih sejuk, kalau di kotanya saya kurang suka karena udaranya tidak sejuk lagi.. ;)
Nah akhirnya kita putuskan untuk inap di hotel Casa D'Ladera karena saat itu kami melihat di depannya ada spanduk promo mereka.
Untuk hari Senin-Kamis standard roomnya hanya Rp 180.000 sudah termasuk breakfast untuk 2 orang.
Wah akhirnya kami mampir dulu disana untuk melihat keadaan kamarnya.
Maklum selama ini yg menjadi langganan kita adalah hotel disebelahnya yaitu hotel Setiabudi Indah.
Pas kami lihat, kamarnya cukup besar dan cukup bersih walaupun ada sisa bau rokok gitu.
Tapi sayangnya kamarnya seperti agak lembab, jadi Koes bilang kita lihat dulu di Setiabudi..hehehe

Pas sampai di Setiabudi ternyata room rate nya waktu itu untuk yg standard dan non AC Rp 220.000
Karena bedanya lumayan, jadi kita putuskan untuk inap di hotel yg sebelumnya.
Ohya pas check-in kita harus kasih deposit Rp 20.000 nanti pas check-out akan dikembalikan.

Sehabis rapih2, kita siap2 lagi untuk mencoba makanan baru yg direkomendasikan oleh temannya si Koes.
Namanya bebek Ali Borneo yg tempatnya disebelah RS Boromeus.
Katanya disana bebeknya enak dan selalu ramai pengunjung walaupun berbentuk kaki lima.
Jadi sistemnya siapa cepat, dia dapat (maksudnya dapat meja dan kursi) hehehe.
Kebetulan waktu kita datang belum ramai banget, jadi kita masih kebagian kursi dan meja walaupun ditengah2 dan agak susah masuknya.
Nah cara mesennya juga sedikit berbeda, jadi kita ga perlu manggil2 abangnya untuk order, kita cukup samperin meja kasir, tulis apa aja pesenan kita dan ada nomornya, kita ya mesti inget nomornya.

Nah kalau pesenan kita sudah tersedia alias uda siap semua, nanti si abang2 kasir nya akan teriak nomor kita. Kemudian di anter deh ke meja kita.
Tapi misal cuma mau nambah nasi atau minum ga perlu kaya tadi, cukup teriak aja..hehehe.

Memang penyajiannya cukup lama dibandingkan dengan warung pecel lele dan pecel ayam pada umumnya.
Tapi itu memang resiko makan di tempat ramai seperti itu.
Waktu itu kita pesan ayam goreng (untuk saya, karena saya sama sekali ga suka bebek), bebek goreng (andalan warung tersebut, pesenan si Koes), nasi putih dua dan es teh tawar juga dua.hehehe
Soal harga, ternyata selain enak makanannya, enak juga kok harganya.
Dari semua pesenan kita, total harganya cuma Rp 22.000.

Soal rasa, saya pikir warung ini bisa dinobatkan sebagai salah satu penyedia bebek goreng enak di Bandung.hehehe..
Biarpun saya makannya dengan ayam goreng, saya tahu bahwa bebeknya enak karena banyak sekali yg pesan.hahaha..
Yg bikin enak selain daging bebek dan ayamnya yg empuk2 gereget, sambelnya juga kesukaan saya banget, pedes2 manis gitu..hehehe..

Biar lebih tahu, gak ada salahnya kan coba sendiri kapan2 kalau lagi berkunjung ke Bandung.

Kedai Ali (google)


Bebek goreng si Ali


Ayam goreng si Ali


Sehabis makan, kita meluncur ke Paris Van Java. Niatnya sih cuma mau liat2 aja seperti biasa. Tapi si Koes tiba2 ngajakin nonton The Sorcerer's Apprentice di Blitz nya.
Sebenarnya sih saya kurang suka kalau sedang berlibur di luar kota dihabiskan dengan acara nonton bioskop. Tapi apa daya, daripada bingung malem2 mau kemana lagi..
Jadilah malam itu kita beli tiket nonton yg harganya : Rp 22.000 /orang untuk jam 22.15
Karena jam tayangnya masih cukup lama, kita bingung mau ngapain lagi. Terus si Koes mengusulkan supaya makan lagi di Ampera.
Ya sudah setuju aja deh kalau soal makan..hehehe..
Soalnya pas tadi makan di Bebek Ali saya memang belum terlalu kenyang, jadi pas ada ajakan makan lagi langsung saja saya setujui..

Kalau makan di Ampera, kita selalu milih makan di cabangnya yg di Cihampelas.
Disana kita pesan empal goreng, bakwan udang, ayam bakar, tahu goreng, dan nasinya pesen tiga.
Untuk minum kita andalkan yg gratisan aja, teh tawar refill..hahaha..
Total harga untuk semua pesanan kita yaitu Rp 31.000.
Disana kita makan dan ngobrol2 untuk menghabiskan waktu, pas jam 21.30 kita langsung meluncur lagi ke PVJ.

Besoknya, kita bangun pagi2 seperti biasa hanya untuk bela-belain breakfast..:)
Breakfast di hotel ini sistemnya buffet, akan tetapi pilihannya hanya ada nasi goreng, capcay sama bubur.huhuhu.. (udah murah kok bayangin yg aneh2).
Setelah check-out dan mengambil deposit kita yg Rp 20.000 itu, kita langsung menuju Rumah Strobery untuk makan nasi liwetnya yg enak itu.
Walaupun jaraknya cukup jauh dan masuk gang yg jalanannya terlalu kecil untuk 2 arah tetapi kita tetap meluncur kesana..
Lokasinya dekat sekali dengan cafe The Peak. Yang sudah sering ke Bandung pasti sudah tau lah tempatnya.

Kebetulan pengunjung waktu itu sedang tidak ramai, hanya ada sekitar 4-5 mobil.
Dan kamipun bebas untuk memilih tempat untuk bersantap ria..yihaaa..
Seperti yg tadi saya katakan, kami kemari untuk makan nasi liwetnya. So, uda pasti kita langsung order paket nasi liwetnya yg untuk 2 orang.
Ada juga paket nasi liwet yg untuk 4 orang, ada yg pakai ayam atau pakai ikan gurame.
Tak lupa kami memesan jus stroberry nya yg seger itu..slurrrpp..

Sebelum pesanan datang, kita akan disuguhi dulu seplastik keripik singkong free dan teh tawar yg bisa di refill.
Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya pesanan kami tiba juga.
Yg namanya paket ya uda pasti isinya ada bermacam-macam, mulai dari segentong nasi liwet (yg saya perkirakan porsi untuk 2 orang sama saja dengan porsi untuk 4 orang yg pernah saya pesan sebelumnya), lauknya terdiri dari tahu, tempe, sambel, lalapan, ikan asin peda, dan ayam goreng. Juga ada kerupuknya.

Nasi liwet


Nasi liwet paket


Paket nasi liwet ayam goreng untuk 2 orang : Rp 65.000
Juice stroberry : Rp 15.000

Pulang dari sana, perut kita melendung gara2 nasinya banyak banget dan parahnya lagi nasinya bener2 kita bersihkan tak bersisa..wakakak.

Tujuan kita selanjutnya adalah muter2 jalan Riau.
Jadi kita keluar masuk FO hanya untuk melihat-lihat saja, apalagi saya, saya salah satu orang yg kurang tertarik untuk belanja2 baju di FO, saya lebih tertarik untuk beli tas atau aksesoris.

Setelah keliling2 dan tidak menemukan apa2 untuk dibeli, akhirnya kita tancap gas lagi ke salah satu deretan distro masih di seputaran Riau.
Koes sangat suka ke kawasan tersebut, karena kaos2 disana lucu2 dan bagus2 untuk cowo.
Kalau sudah kesana, pasti ada saja kaos yg dia senangi.
Dan perkiraan saya kali ini betul lagi, dia menyukai salah satu kaos lucu gambar monyet tapi antik gitu deh.
Dan yg saya takutkan juga terjadi, akhirnya dia membeli kaos tersebut..ggrrrr..
Padahal rencana awal kita emang tidak mau belanja apa2 kecuali makanan.

Oh ya, ada sedikit tips nih.
Misal mau pesen martabak bolu untuk diambil sore atau malam, jangan lupa untuk pesen via telepon atau sms dari siang sebelum jam 2.
Kalau uda pesen, mau diambil jam 9 malampun, masih dilayani.
Untung waktu itu saya teringat untuk menanyakan jam operasional si martabak bolu..
Jadi saya sms saja dan pesan 3 martabak bolu (2 coklat keju, 1 keju) untuk diambilnya paling lama jam 9 malam. Karena sekalian lewat pas mau pulang ke Jakarta.

Setelah dari jalan Riau, kita langsung menuju arah Dago Pakar. Yaaa, kita mau ke The Valley.
Tempat ini juga sudah lama saya dengar tapi saya belum pernah kesana, karena saya lebih senang ke cafe Sierra (letaknya sebelum The Valley).
Karena banyak teman yg sudah sering kesana, akhirnya saya tergoda juga untuk sekedar mencoba atmosphere disana.
The Valley ternyata terdiri dari dua tempat, yang pertama khusus untuk menikmati makanan ala2 suki gitu deh. Sedangkan yg lainnya itu seperti Sierra, bistro cafe.

Nah kita tentu saja ke tempat yg kedua, ke bistro cafenya.
Kita disana memang tidak ada rencana untuk makan, kita cuma mau minum2 aja.
Tetapi kayanya pelayan2 disana kok seperti tidak biasa ya dengan customer2 yg datang hanya untuk minum2 saja.
Saya bisa merasakan, seperti ada sesuatu yg kurang nyaman dengan pelayanan disana.
Padahal menurut saya pribadi, dari segi tempat, pemandangan, dan segi harga, cafe Sierra lebih baik dari The Valley. Tapi itu kembali kepada selera masing2 ya.
Soalnya saya unexpected dengan The Valley, karena sebelumnya saya membayangkan tempatnya akan lebih indah dari Sierra, tapi ternyata saya salah..(lagi2 ini menurut saya pribadi).
Disana kita cuma pesen chocolatino float, hot lemon tea, dan poffertjess.
Dan jujur saja, memang saat itu customer yg datang hanya kami berdua yg tidak memesan main course..kami memang masih kekenyangan gara2 nasi liwet di Rumah Stroberry tadi.

Akhirnya kita tidak berlama-lama disana karena tidak ada lagi yg bisa kami lakukan dan haripun mulai gelap.

Chocolatino float : Rp 27.500
Hot lemon tea : Rp 14.500
Poffertjess : Rp 24.500

Service charge 5.5% : Rp 3.658
Pajak 10% : Rp 6.650

Total : Rp 76.808

The Valley


Chocolatino float


Hari mulai malam, dan kamipun harus segera kembali ke Jakarta.
Sebelum masuk ke tol, tak lupa kami ambil dulu pesenan martabak bolu kami di rumahnya.hehehe..
Ehh2 ternyata ada kesalahan, si ngko nya salah denger, dikiranya pesenan kami 2 keju dan 1 coklat keju...
Tapi ya udahlah gak apa2, masih sama2 enak kok..!!!

Dan akhirnya kami harus kembali ke asal, cu Paris Van Java...

1 komentar: