Sabtu, 20 Februari 2010

Berpetualang ke Sukabumi (1)

Malam itu tanggal 22 Sept 2009 aku dijemput mamaku dari kos utk pulang ke rumah di Semanan karena bsk paginya aku harus sudah brangkat ke Sukabumi utk sekedar jln2 bersama mama, tanteku dan anaknya serta tmn mamaku yg terdiri dr 3 org (suami,istri dan anaknya).
Jadi singkat crita pagi itu tgl 23 Sept 2009 jam 09.00 WIB kami sudah bersiap-siap utk berangkat ke Sukabumi. Kami brangkat 2 mobil, aku dan mama serta tanteku dan anaknya satu mobil, yg jd supirnya adl om aku karena mama ga kuat nyupir lama2.. dan mobil satunya lg adl tmn mama serta suami dan anaknya yg msh berumur 4 tahunan.

Selama perjalanan untungnya kita tidak mengalami kendala yg cukup berarti, seperti macet,dll. Kalo macet sedikit sih wajar, karena memang msh musim liburan waktu itu.
Sebelum sampe hotel di Sukabumi, kita sempatkan dulu utk isi perut di RM apa ya namanya lupa pokonya khas Sunda2an gt pinggir jalan.
Setelah selesai isi perut, kita lanjutkan lg perjalanan kita. Kira2 jam 16.00 WIB kita sudah sampai di hotel. Trus urus ini itu dulu, baru deh bole masuk2in barang ke kamar. Ohya waktu itu kita nginep di hotel Taman Sari Sukabumi, dg ratenya per malam waktu itu Rp 575.000 karena masih musim libur lebaran jd agak mahal dikit.
Tadinya kita rencana mau 3 hari 2 malam di hotel ini, tp sepertinya di hotel ini gak ada tempat yg menarik. Jadi setelah berdiskusi akhirnya aku dan mamaku mutusin buat ke Pelabuhan Ratu besoknya. Terus mamaku rundingan jg dg tmn nya soal rencana utk besok.
Ternyata tmn mamaku dan suaminya setuju2 saja dg usul mamaku, jd kita sudah sepakat utk acara besok kita akan ke Pelabuhan Ratu.. Suami tmn mamaku langsung mencari-cari harga hotel di internet karna kita mau nginep di hotel Samudera Beach yg ada kamar Nyi Roro Kidulnya itu loh.hehehe..
Setelah cari2 ternyata harga di internet menunjukkan Rp 550.000 utk standard roomnya Samudera Beach, tapi pas telepon langsung ke orangnya ternyata itu harga hanya berlaku jika tidak High Season, sedangkan katanya ini masih musim liburan jadi harganya sudah beda yaitu Rp 700.000. Trus kita iseng2 aja telepon ke hotel Samudera Beachnya langsung, kita tanya apa msh ada kamar dan brp rate nya per mlm?
Mereka bilang msh ada kamar dan room ratenya per mlm Rp 750.000 waduhh mahal jg yahh..tp karena mama dan aku serta yg lain penasaran ingin kesana jd diputuskan kita smua jadi ke sana...yihaaaa..
Ohyaa ada satu hal terpenting yang dilupakan dalam perjalanan kali ini...gara2 lupa bawa charger digicam dan batrenya uda tiris gara2 ke puncak kemaren2, akhirnya aku cuma bisa rela harus foto2 dengan camera Blackberry. hiikss..

Di Hotel Taman Sari (Gambar 1 & 2 diambil dari websitenya)



Tipe Bougenville (Kamar yang kita tempatin)



Si Valen lagi main di taman hotel (anaknya teman mama)



It's Me...hehehe..



Me & MoM



Taman di sore hari




Sebelumnya aku berpikir kalo Pelabuhan Ratu itu dari daerah Sukabumi tempat aku nginep (hotel Taman Sari) jaraknya ga jauh2 amat, paling aku pikir cm 1 jam-an...tapiiiiiii gataunya jauhhhh bgt itu sih uda kaya beda wilayah padahal masih sama2 Sukabumi loh..
Mana jalur kesana sepi2 gitu, untung berangkatnya siang2, trus kluar masuk hutan2...jalanan jg ga terlalu lebar..tapi seruuu kok..
Waktu liat GPS di BB ku, sepertinya kita uda dekat dg Pelabuhan Ratu, jd tinggal tanya2 org sekitar tentang hotel yg dimaksud ada dimana. Setelah melalui perjalanan yg cukup panjang dan melelahkan, keluar masuk desa2, akhirnya sampai juga kita di hotel yg tersohor dg kamar Nyi Roro Kidulnya itu..
Wewww surpriseee liat hotelnya...ternyata hotelnya itu bangunan tua, katanya sih dibangun pada jaman2 Soekarno sampe sekarang kayanya gak ada mengalami pemugaran sama skali dech..
Padahal kita liat di websitenya ini hotel kliatan kaya bintang 4 gitu, plus lighting2 yg memukau, tp pas liat wujud aslinya jd mrasa sdikit tertipu neh..
Tapi pikir2 lagi kayanya ini emang uda termasuk hotel berbintang deh di PELABUHAN RATU soalnya kita ga liat ada hotel lain yg berdiri tinggi kaya hotel ini.
Setelah mengurus proses check-in, mamaku langsung menyuruh kita utk nurunin barang2.
Emang sih hotelnya pake lift, tp lift nya uda rada jadul gitu, tombolnya jg aneh..
Waktu itu kita dapet kamar di lt 6, syukur deh gak di lt 3 karena itu lantainya kamar Nyi Roro Kidul..hihihi...

Pas uda sampe lantai 6 dan buka pintu kamarnya, jrengggg2..kita surprise lagii..
ternyata dalam kamarnya juga sangat mengecewakan buat saya..bener2 unexpected bangett dechh..lantainya memang dilapisi karpet, tapi sepertinya itu karpet uda sangat berumurrr dan uda mesti diganti.. uda gitu kasurnya jadul abiss, trus liat kamar mandinya syokk lagi deh..huhuhu..masa "kakus"nya gak ada tutupannya padahal itu "kakus" yg model duduk. Pokonya lumayan memprihatinkan deh kamar hotelnya, padahal kalo dipikir-pikir dengan harga segitu di Jakarta uda bisa nikmatin fasilitas hotel bintang yang bener2 BERBINTANG..
Walaupun begitu kita semua anggap ini sebagai pengalaman yang unik dan kita cuma bisa ngambil hikmahnya aja deh, soalnya kita kan juga belum pernah nginap disana.
Ada yang istimewa juga loh dari hotel ini, biarpun dari segi bangunan cukup mengecewakan tapi dari segi service sih bolehh lahh..
Di hotel ini kita disediakan makan pagi dan makan siang atau malam. Jadi dalam sehari kita dapat jatah makan 2x untuk 2 org, buffet lagi..hehehe..Makanannya juga tidak terlalu mengecewakan..

Karena kita sampe di hotel sana masih agak sore, jadinya kita sempetin turun ke bawah hotel dan main2 dipantainya.
Biarpun tidak ada pembatas yang memisahkan pantai hotel dg pantai umum, tp seperti ada pemisah lain yg menyebabkan pengunjung pantai lain selain penghuni hotel tidak bermain-main di pantai depan hotel. Di dpn pantai jg ada beberapa life guard, jd kalo ada yg jauh dikit dr pantai langsung deh di teriakkin..Beneran deh ini pantai paling ketat yg pernah aku kunjungin, masa kira2 org baru berapa meter dr pantai langsung diteriak-teriakkin suruh balik..Jadinya aku dan sepupu ku cowo yg masih SMP cuma bisa main2 injek2 pasir di tepi pantai doank.
Di pantainya sih gak ada yg istimewa ya, malah pengunjung di luar penghuni hotel banyakan org2 pribumi sana. Jd saya berpikir "kok sayang yah,padahal pantainya lumayan buat alternatif liburan daripada ke Anyer atau ke Ancol kan.." tapi sayangnya ga dikelola dg baik, jd disana ramenya dg org2 luar Sukabumi hanya pada musim2 liburan panjang aja. Di pantai depan hotel pun cuma ada satu penjual bakso dan kelapa muda. Kalo di samping2 hotel sih banyak warung2 kecil ala dipantai2 gitu loh..tapi kok pas kita samperin salah satu warungnya, seperti ga meyakinkan gitu, baik dari segi penampakan maupun makanan yg dijual. Jadi kita balik aja ke pantai depan hotel, di bawah pohon kelapa kita makan baso deh plus minumnya es kelapa. Ada yg unik nih, pas nyobain basonya kok kaya ada yg beda ya..Trus aku tanya ke penjualnya, ini baso apa ya?!! terus dengan polos yg jual jawab baso ikan tenggiri..
owww..pantes rasanya beda gitu..dan harganya juga murah cuma Rp 5000/mangkok.
Seperti biasa aku kalo makan baso semangkok sih cuma geli2 doank diperut, jadi pesennya 2 mangkok. Setelah puas makan baso dan minum es kelapa, lanjut lagi deh maen2 air dipantai. Tapi baru berapa menit main2, tiba2 salah seorang life guard nya udah nyamperin, bilang "mbak,mainnya besok lagi ya...uda jam 6 udah ga bole maen2 dipantai lagi.." waduh padahal waktu itu masih terang2 gitu kok..trus aku tanya emang kenapa kok jam 6 ga bole maen dipantai lagi?? dia jawab "emang uda peraturannya mbak, nanti baru bole maen lagi dipantai mulai jam 6 besok paginya"
Ehmm jawabannya sempet memancing penasaran aku, pasti ada hal lain yg membuat pantai ini ditutup mulai jam 6 dan sama sekali ga bole ada org yang main deket2 pantai. Si life guard ini sebelum ditanya malah uda jelasin duluan, katanya disini uda banyak yg ilang, malah ga sedikit yg ga ketemu2 lagi org nya..
wewww..ternyata desas desus tentang pantai pelabuhan ratu emang bener donk...
Terus lanjut lagi kata si life guard, malah tadi pagi juga uda ada satu lg yg ilang, sampe sore itupun belum ketemu2 katanya. Hahhh??? masa sih kata aku... trus si life guard bilang lagi, iyalah masa boong, lagian uda biasa kalo ada yg ilang disini..zZzzZ..cape dechh..
Trus aku tanya lagi, emang bener ya mas kalo disini ga bole pake baju warna hijau??
dia jawab "ahh ga lah, itu sih tergantung orangnya aja, saya aja sering kok pake baju warna2 hijau...yg penting disana itu jgn maen jauh2 dari tepi pantai."
ohhh ternyata begitu toh, jd rumor2 yg beredar tentang larangan pake baju ijo itu masih harus di buktikan lebih lanjut kebenarannya.

Habis maen2 dipantai, kita kembali masuk ke hotel. Malam ini kita ada rencana mau liat2 kamarnya Nyi Roro Kidul di 308 itu loh.. Tadinya kita pikir ga sembarang org bisa masuk, tapi pas tanya2 sama org hotel, ternyata kamarnya bole dilihat oleh org umum asal kalo tidak ada yg lagi pake untuk semedi ato apa lah itu namanya.
Setelah makan malam di restoran hotel, kita langsung menghubungi pihak hotel untuk mengantarkan kita ke kamar 308. Kita bersyukur deh untung ga dapet kamar di lantai 3, bisa2 kita semua ga bisa tidur malam itu. Lalu bagaimana nasib org2 yg dapat kamar di lantai 3 khususnya yg 307 atau 309??? menurut org hotel yg nganterin kita waktu itu, justru kamar2 itu yg paling di incar oleh org2 yg mau sembahyang atau semedi di 308. Katanya biar lebih deket dan suasananya lebih berasa..(gak tau juga ya maksudnya berasa apa) berasa mistisnya kali ya..hehehe
Oh ya waktu itu aku sempet nanya lagi ke org hotel yg nganterin kita waktu itu, aku tanya tentang kebenaran larangan memakai baju warna ijo. Dan jawabannya ternyata ga jauh berbeda dari si life guard tadi, ia bilang "engga bener kok, cuma kepercayaan aja, kalo bener kaya gitu ntar semua pegawai hotel gak ada semua donk..." saya aja nih pake warna ijo.. kalo dipikir-pikir iya juga yah, soalnya pegawai hotel tersebut mayoritas seragamnya warna ijo. Jadi kembali ke manusianya masing2 deh, mau percaya syukur, ga percaya juga gak apa2..namanya juga kepercayaan kan!!!
Nah lanjut menurut org hotel tersebut, mungkin persepsi tsb muncul karena beliau (si Nyai Roro) itu suka sekali dengan warna hijau, jd hal tersebut diidentikkan dg hal2 kepercayaan yg berkembang di masyarakat.
Nah tibalah waktu itu kita rombongan mau masuk ke kamar 308. Dari depannya aja uda ketahuan kalo itu kamar spesial, soalnya di depan pintu kamarnya aja uda ada pernak-pernik warna ijo seperti payung rumbai2 gitu. Tibalah saatnya kita masuk, pintu dibuka dannnnn beuuungggggg....seperti ada sesuatu yg langsung membuat kita pusing pas memasuki kamarnya (ini ga lebay loh).. Hal ini bukan karna keadaan kamarnya yg remang2 dan bau dupa yg menyengat..tapi seperti ada hal lain yg membuat kamar itu memang seperti ada "hal" lain.
Dari segi bangunan kamar, semua gak ada yg berbeda dg kamar2 lainnya. Tapi yg spesial disini semua pernak-pernik di dalam kamar didominasi warna hijau tua. Segala sprei, gaun2 dilemari, smua didominasi warna hijau. Di dalam kamar ada lukisan besar Nyi Roro Kidul, yang katanya dilukis oleh Alm Basuki Abdulah. Di bawah lukisan ada space untuk org yg mau semedi disana, selain itu ada tungku untuk menyan dan bunga2. Ohya ternyata ada foto artis loh di taruh deket tungku menyan gitu, entahlah apa maksudnya.. tapi saya ga mau umbar siapa artis itu.. karena sapa tau aja bukan dia sendiri yg taruh foto disitu, mungkin ada fans berat atau apalah itu..iyaa kan!!!
Selain yg saya sebutkan diatas, ada beberapa perhiasan disana yg di tata rapih dalam sebuah kotak kaca. Menurut org hotel nya itu hadiah2 dari para semedi-ers yg berhasil mendapatkan keinginannya dari hasil semedi disana. ck..ck...dalam hati kok berasa gimana2 yah..ahh uda lanjut aja deh... Trus saya tanya lagi, kenapa bisa dipilih kamar ini?? jawabnya " karena dulu ada beberapa paranormal yg melakukan semedi juga di beberapa kamar hotel nah dari situlah diketahui bahwa dikamar itulah yg tingkat (apanya yahhh...) magisnya kali yahh, paling tinggi di kamar itu, maka dipilihlah kamar tersebut sebagai kamar singgah Nyai. Saya sempet ambil foto disana tapi sayang itu di kamera teman mama, jadi maaf ga bisa di tampilkan di blog ini. Setelah puas ambil foto2 disana, kami langsung memutuskan untuk menyudahi acara mengunjungi kamar Nyai. Karena ya itu tadi, rupanya yg merasa pusing di kamar itu bukan saya aja, ternyata teman mama dan sepupuku yg masih SMP juga merasakan yg sama.
Yang saya lupa ialah, saya tidak melihat toiletnya..huhuhu.. maksudnya apakah toiletnya juga didominasi warna2 hijau atau tidak gicuu loh...
Selesailah sudah acara malam itu, setelah memberi sedikit tips untuk org hotelnya kami langsung kembali ke kamar masing2.

Kamar Nyi Roro Kidul # 308
(Maaf gambar yang ini pinjem dari sebelah, cuma buat gambaran aja.. soalnya foto ku sendiri di kamar ini masih di kamera teman mama)


Pintu Kamar kita


Lorong (itu bukan penampakan tapi sepupuku yg masih SMP.hehehe)


Pos Jaga yg Gak Pernah Ada yg Jaga


Lift nya rada jadul


Kasurnya


TV dan kawan2nya


Surpriseeee...ini dia kamar mandinya




Front Office


Bangunan hotelnya diliat dari pantai


Tadinya aku pikir ini restoran, ga taunya kaya ballroom kecil untuk acara2 tertentu aja


Kolam Renang hotel


Di pantai





(Bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar